Laman

Home

Minggu, 14 Juli 2013

SALING BERBAGI



JADILAH MANUSIA YANG SUKA MEMBERI
Janganlah Anda lupa untuk segera memalingkan
Tubuh Anda dari orang yang Anda beri,
Sehingga Anda tidak melihatnya merasa malu di hadapan Anda.
(Khalil Ghibran)

K
emudahan meminta-minta dapat dirasakan oleh sebagian manusia. Akan tetapi, kenikmatan memberi tidak diketahui, kecuali orang-orang besar dan pemilik akhlak yang tinggi.
Sayyid Qutub RA berkata “Sungguh, aku telah banyak mengambil dalam kehidupan ini.” Yang dimaksud adalah “aku telah banyak memberi”.
Terkadang, susah membedakan antara mengambil dan memberi. Karena kedua-duanya memberikan satu tanda di dalam hati. Setiap kali orang memberi, maka orang itu telah mengambil. Hal ini bukan berarti bahwa seseorang telah memberi sesuatu kepada orang lain. Namun yang maksudnya adalah seseorang telah mengambil sama seperti yang dia memberikan. Karena kebahagiaan atas apa yang diberikan tidak lebih kurang dari kebahagiaan orang yang menerima.
Karena dalam sebuah Hadist Nabi Muhammad SAW bersabda: “Bersedekah dapat menjahukan bala (mara bahaya)”. Dengan memberi kesesama kita bisa menjahukan dari kemudharata atau bahaya. Ini menunjukkan suatu ikatan manusia dengan Sang Pencipta, apabila manusia itu memberi atau berbagi rizki kesesama manusia yang lain berarti dia telah melepaskan kemudharatan seseorang yang sedang membutuhkan pemberian dari kita. Disinilah Allah SWT memberikan hak-Ya untuk menjaga manusia itu yang telah membagikan rizkinya kesesama manusia yang membutuhkannya. Karena menusia itu telah melepaskan kemudharatan bagi manusia yang menerima pemberian dari orang tersebut, maka Allah juga membalas sebaliknya.

Susah bagi akal yang sudah dipuji materi untuk memahami kebahagiaan yang diteguk oleh orang yang memberi. Jadi orang yang suka memberi adalah orang yang menjadi ruh kehidupan dan ibarat Malaikat kemanusiaan.
Manusia yang seperti demikian, dikenal dengan sifat kearifannya, hatinya yang luas, senyumnya yang hangat serta percaya diri, dan jiwanya yang tenang. Mereka adalah penduduk bumi yang paling bahagia. Para penduduk langit mendoakan dengan kebaikan dan mendapatkan pahala yang besar di sisi Allah SWT. (kutipan dari Ide Kecil untuk Perubahan Besar, ttd Mustafa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar